Sabtu, 09 Maret 2013

Menentukan Kadar Zat


Seringkali kita temui materi yang ada disekitar kita ada sebagai campuran atau gabungan dari beberapa zat. Pada campuran kita mengenal istilah kadar. Yaitu suatu cara untuk menyatakan komposisi zat penyusun campuran itu.
Misalnya nih, kalian membuat sirup. Air dicampur gula maksudnya. Saat kalian menambahkan 1 sendok makan gula dalam satu gelas air kemudian kalian mengaduknya sampai larut, kalian akan mendapatkan satu gelas air gula. Coba rasakan. Manis kan. Nah bagaimana bila anda membuat satu gelas sirup lagi tetapi kali ini kalian tambahkan 2 sendok makan gula pada satu gelas air kemudian mengaduknya hingga semua gula terlarut. Rasakan. Manis juga?


Keduanya adalah campuran yang terdiri dari zat-zat yang sama. Namanya juga sama, air gula. Tetapi komposisinya berbeda. Gelas I = 1 sdm gula + 1 gelas air. Sedang gelas II = 2 sdm gula + 1 gelas air. Hasilnya? Kemaisannya berbeda kan. Gelas II lebih manis dibandingkan gelas I. Kemanisan yang berbeda itu disebabkan karena kadar gula pada kedua campuran itu berbeda.
Menyatakan kadar campuran sangat penting dalam kimia. Kadar zat sangat mempengaruhi reaksi kimia yang terjadi. Kadar zat dapat dinyatakan dalam :

Persen massa (% massa)
Untuk menyatakan % massa kita dapat menentukannya dengan rumus:
% massa = (massa zat/ massa campuran) x 100%
Contoh:
20 gram gula dicampurkan dengan 80 gram air. Berapakah % kah kadar gula dalam larutan yang terbentuk.
Jawab:
= (20 gram/ 100 gram) x 100%
= 20%
Perhatikan bahwa massa campuran adalah massa gula ditambah massa air yaitu 100 gram, bukan 80  gram. Kesalahan sering dilakukan disini.

Persen volume (% volum)
Persen volum sering digunakan untuk menyatakan kadar zat yang terbentuk dari dua zat berwujud cair, misalnya untuk menyatakan kadar alcohol dalam campuran. BBelilah alcohol ditoko dan lihat berapa kadar yang terteraa pada kemasannya.
Untuk menyatakan % volume  kita dapat menentukannya dengan rumus:
% volume = (volume zat/ volume campuran) x 100%
Misalnya, kalian membeli alcohol yang dikemasannya tertera kadarnya 70 %. Berarti alcohol yang kalian beli itu tidak murni alias campuran. Alkohol itu terdiri dari alcohol dan air. Bila volume alcohol yang kalian beli itu 250 ml, berapa banyak air yang terdapat pada campuran tersebut?
Alcohol 70 % = (70/100) x 250 ml                                                                                                
= 175 ml                                                                                
Berapa banyak airnya?
250 ml – 175 ml = 75 ml
% volum = (volum zat/ volum campuran) x 100%

Ppm / Bpj (bagian persejuta)
Ppm / bpj digunakan untuk menyatakan kadar campuran yang sangat kecil. Misalnya untuk menyatakan kadar gas gas polutan di udara, kadar garam dalam air laut dan lain sebagainya.
Misalnya diambil sampel 1 kg air sungai. Setelah diteliti, didalamnya terdapat 10 mg Pb. Maka kita bisa menyatakan bahwa dalam air sungai tersebut kadar Pb adalah =
(20 mg/ 1000000 mg)  x 1000000  = 20 ppm

14 komentar:

  1. wah tugasnya kebantu bgt.. makasih yah.. :)

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara menghitung konsentrasi gula dalam air tebu misalnya

    BalasHapus
  3. terima kasih sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. mbak mau tanya ...

    klo di dalam 100gr daging ikan gabus ada kandungan 6,2% Albumin. Maka aku harus siapkan berapa kg ikan gabus utk membuat jadi extract dg kandungan albumin menjadi 25%?

    BalasHapus
  5. mbak mau tanya ...

    klo di dalam 100gr daging ikan gabus ada kandungan 6,2% Albumin. Maka aku harus siapkan berapa kg ikan gabus utk membuat jadi extract dg kandungan albumin menjadi 25%?

    mohon dikirim ke zonpyh@gmail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. 403 gram buat yang nanya albumin dalam ikan gabus

    BalasHapus
  7. aku belajar kimia ga mudeng2 kontol,anjing lu sok sok an bilang gampang

    BalasHapus