Kamis, 07 Maret 2013

Konfigurasi Elektron



Kita sudah pernah belajar tentang struktur atom. Kita juga sudah tahu bahwa atom disusun oleh partikel-partikel kecil yaitu proton, electron dan netron. Kita juga sudah belajar tentang posisi proton, netron dan electron di dalam atom. Electron adalah partikel atom yang bermuatan negatif dan terletak pada kulit-kulit atom.  
 Perhatikan gambar disamping.  Gambar yang diambil dari sini
Kulit atom berlapis-lapis. Kulit terdalam dikenal dengan nama kulit K, kulit kedua kulit L. kulit ketiga kulit M dan seterusnya.
Kulit terdalam hanya mampu dimuati oleh 2 elektron. Kulit kedua mampu dimuati oleh 8 elektron. Kulit ketiga dimuati oleh 18 elektron, kulit keempat dimuati oleh 32 elektron. Jumlah electron yang menempati kulit atom dirumuskan sebagai  2n2: dengan n= nomer kulit.
Bagaimana penempatan electron-elektron tersebut dalam kulit atom? Berdasarkan azas Aufbau, electron menempati kulit yang berenergi rendah lebih dahulu. Nah kulit yang berenergi rendah itu yang mana?  Yang lebih dalam. Berarti dimulai dari kulit paling dekat dengan inti ke yang lebih jauh. 

Misalnya nih, unsur Natrium. Nomer atom natrium ini 11. Berarti dia memiliki 11 proton. Karena dia netral berarti jumlah protonnya = jumlah electron. Artinya, dia memiliki 11 elektron. Nah dimana electron-elektron itu berada? Lebih tepatnya dikulit yang mana? Apakah ke sebelas electron itu bergerombol di kulit pertama saja, atau menyebar begitu saja di kulit-kulit atom? 
DDalam aturan konfigurasi electron / azas Aufbau maka electron itu akan menempati kulit pertama dulu. Berapa yang menempati kulit pertama? 2, karena jumlah maksimum electron pada kulit pertama memang hanya dua. Terus electron yang lainnya dimana? Ya di kulit kedua. Berapa banyak yang bisa menempati kulit kedua? 8, karena jumlah maksimum electron pada kulit kedua delapan. Masih sisa satu. Dimana satu electron yang tersisa? Ya dikulit ketiga. Untuk itu konfigurasi electron Na dapat kita tulis sebagai berikut:
11Na  =  2 ) 8 ) 1
Dari konfigurasi tersebut dapat disimpulkan bahwa unsur Natrium,
Memiliki  3 kulit yaitu kulit K, L dan M
Jumlah electron yang menempati kulit terluar (electron valensi) = 1
Bagaimana dengan unsur lain misalnya K yang nomer atomnya 19. Singkat cerita K mempunyai jumlah electron 19. 2 elektron masuk ke kulit K. 8 elektron masuk ke kulit L. Masih tersisa 9. Apakah kesembilan electron itu menempati kulit M?
Nah, disini ada aturan yang harus dipenuhi yaitu electron yang menempati kulit terluar (electron valensi) untuk kulir K maksimal 2, sedang untuk kulit L, M, N dan seterusnya maksimal 8. Bagaimana kalau lebih dari delapan? Electron tersebut dipersilahkan menempati kulit berikutnya. Jadi untuk unsur K konfigurasi elektronnya akan tertulis seperti dibawah ini,
19K ;  2) 8) 8) 1
Perhatikan bahwa kulit M hanya terisi 8 elektron, padahal kulit ini mampu menampung 18 elektron. Kulit ini tidak terisi 9 elektron karena bila terisi 9 elektron maka electron valensinya akan lebih dari 8.
Dari konfigurasi unsur K kita dapat menyimpulkan bahwa unsur K :
 Memiliki 4 kulit
Electron valensinya = 1
Konfigurasi electron ini sangat penting. Karena dengan mengetahui konfigurasi electron kita dapat mengetahui  posisi (golongan dan periode)  suatu unsur dalam sistim periodic.  Selain itu pengetahuan tentang konfigurasi electron akan menuntun kita untuk mempelajari lebih lanjut sifat-sifat kimia suatu unsur, pembentukan ikatan dan sifat keperiodikan unsur.
Jumlah kulit atom menunjukkan di periode ke berapa unsur tersebut terletak pada SPU. Jumlah electron valensi menjadi petunjuk pada golongan berapa unsur tersebut terletak pada SPU. Seperti unsur Na. Dia memiliki 3 kulit. Maka pada SPU Na terletak pada periode ketiga. Elektron valensi Na = 1, berarti pada SPU Na terletak pada golongan IA.
Bagaimana dengan  15P?
15P  : 2) 8) 5
Jumlah kulit = 3
Elektron valensi = 5
Pada SPU: unsur P terletak pada :
Periode ke tiga (= jumlah kulit) dan
golongan VA (= Elektron Valensi)
Konfigurasi di atas adalah konfigurasi sederhana. Selain konfigurasi sederhana tersebut masih ada konfigurasi electron yang tidak hanya menempatkan electron pada kulit melainkan pada subkulit dan orbital. Mudah-mudahan pada kesempatan lain kita dapat mempostingnya di sini.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar