Jumat, 19 April 2013


PENILAIAN TAGIHAN KESETIMBANGAN KIMIA

Alhamdulillah, penilaian tahap pertama untuk tagihan kesetimbangan kimia kelar juga. Hand out sudah didistribusikan dengan baik, meski hanya mengandalkan dunia maya. Pembelajaranpun menjadi lebih efektif. Siswa sudah mendapat materi lengkap. Denganeks demikian siapapun dapat mempelajarinya secara mandiri.

Di hand out tersebut juga sudah diberikan tagihan-tagihan yang bisa dikerjakan sebagai uji diri tentang daya serap materi. Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk mengeksplorasi diri. Tagihan-tagihan akan mengakomodir setiap upaya untuk mengeksplorasi diri.


Ada dua duabelas tagihan dalam hand out itu yang harus diselesaikan. Tagihan itu harus dikerjakan dan dikumpulkan untuk dinilai. Yang unik dari sistim pembelajaran ini adalah, tagihan yang diberikan adalah tagihan tak terstruktur. Pengumpulan tagihan ini sepenuhnya di serahkan kepada siswa. Mereka boleh mengumpulkan tagihan kapan saja mereka inginkan. Mereka bisa mengumpulkan lebih awal bila mereka mau. Mereka tidak harus mengerjakan semua soal yang ditugaskan. Mereka bisa mencicil mengerjakan beberapa nomer terlebih dahulu, baru menyusulkan nomer berikutnya. Di akhir topik/materi tagihan yang sudah dinilai itu akan dikembalikan.

Yang lebih unik lagi, penilaian akan diinformasikan secara terbuka. Setiap siswa bisa mengakses nilai mereka atau nilai temannya. Setiap siswa bisa melihat tagihan yang mana yang sudah dikerjakannya dan tagihan mana yang belum. Selain itu setiap siswa tahu apakah soal yang dikerjakan benar atau kurang benar dengan membandingkan skor perolehannya dan skor maksimal. Bila mereka mau, mereka bisa memperbaikinya.

Seperti penilaian periode  19 April 2013 bisa diakses/ diunduh di sini
Yang merasa belum mengumpulkan, silahkan segera mengumpulkan tagihannya. Ingat semakin anda menunda-nunda tanggungan anda maka pekerjaan anda akan semakin berat. Anda tidak tahu apakah anda akan mempunyai waktu yang cukup untuk menyelesaikan tagihan ini.
Ok, sampai ketemu di penilaian periode selanjutnya.

Salam Kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar