Selasa, 25 September 2012

Nilai Ulangan Polimer

Apa pendapat kalian tentang kue lemper? Yang terbuat dari beras ketan yang pulen dan gurih karena memasaknya ditambahkan santan. Yang didalamnya berisi daging ayam berbumbu. Hem... nyam.... nyam... kebayang gurih dan lezatnya. Biasanya kue lemper ini dibungkus daun pisang yang berwarna hijau muda dan segar. Membuat hasrat hati untuk menikmatinya semakin besar.
Kalau kalian perhatikan, kue lemper jaman sekarang tidak lagi seperti kue lemper jaman dulu. Apanya yang beda? Rasanya mungkin tambah lezat. Tapi yang berubah juga adalah pembungkusnya. Kue lemper jaman sekarang tidak lagi dibungkus daun pisang melainkan dibungkus plastik yang menyerupai daun pisang. Warnanya juga segar persis seperti daun pisang muda.

Plastik. Yah bahan ini sudah merajai kehidupan manusia akhir-akhir ini. Banyak perabotan dan bahan kebutuhan manusia terbuat dari plastik dan sejenisnya. Dari mana sih asalnya bahan-bahan tersebut? Bahan-bahan itu adalah buatan manusia. Dibuat dan disukai manusia karena selain praktis, ringan dan tahan terhadap ancaman hewan dan karat, bahan ini juga relatif lebih murah. Bahan-bahan ini dikenal dengan nama Polimer.
Polimer adalah suatu makromolekul (molekul yang sangat besar) yang tersusun dari monomer-monomer yang membentuk rantai yang sangat panjang. Monomer itu suatu molekul sederhana yang bersama dengan monomer sejenis atau tidak sejenis bisa membentuk rantai yang sangat panjang.
Di alam sendiri sebetulnya ada polimer. Karbohidrat, protein, seluloasa dan karet alam adalah polimer. Polimer-polimer tersebut dikenal sebagai polimer alam.
Penggabungan monomer-monomer menjadi polimer dikenal dengan istilah polimerisasi. Ada dua jenis polimerisasi yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. Keduanya berbeda dari cara penggabungannya. Dari jenis monomernya, polimer dibedakan menjadi homopolimer dan kopolimer.
Materi tentang polimer ini dapat kalian baca di sini
Untuk kelas XII TKR sudah diadakan ulangan harian. Hasilnya? Bisa diklik link dibawah ini.
XII TKR 1
XII TKR 2
XII TKR 4
XII TKR 5
XII TKR 6

Untuk yang lengkap ada di sini


1 komentar: